Kami Punya Kami Bagi

Minggu, 04 Februari 2018

On 17.04 by Unknown in    No comments
Halo teman-teman, ketemu lagi dengan admin tkjaringan4. Sudah sekian lama mimin tidak upload content selama ini (udah 2 tahun lebih :’v). Mimin minta maaf atas hal tersebut dikarenakan kesibukan mimin hehe. Langsung saja ya kemateri yang akan disampaikan, disini mimin mencoba membahas lagi tentang KOMUNIKASI DATA. Sempat dipostingan sebelumnya mimin juga sudah bahas tentang KOMUNIKASI DATA, namun pada postingan kali ini mimin lebih menekankan pada DASAR-DASAR KOMUNIKASI  DATA dan JARINGAN KOMPUTER. Simak sampai selesai ya teman-teman, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

KOMUNIKASI DATA adalah dua hal yang berbeda akan tetapi saling berkesinambungan yaitu perpaduan teknik komunikasi data dan pengolahan data. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian KOMUNIKASI DATA yaitu adalah pertukaran atau perpindahan data melalui media komputer baik sejenisnya dari tempat satu ke tempat lain-nya. Data-data yang dikirimkan berbentuk digit-digit biner ( 1/0). Selanjutnya ada beberapa faktor yang perlu diketahui dalam komunikasi data :
  1.  Jumlah dan lokasi pemrosesan data
  2. Jumlah dan lokasi terminal (remote)
  3. Tipe transaksi
  4. Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi
  5. Prioritas/urgensi informasi yang disalurkan
  6. Pola lalu-lintas
  7. Keandalan sistem yang digunakan
  8. Revenue yang mungkin didapat.
KOMUNIKASI DATA juga memiliki sebuah protokol, kalau kita ketahui protocol adalah sekumpulan aturan yang harus ditaati. Gunanya adalah sebagai Enkapsulasi, Segmentasi, Kontrol Koneksi, Pengiriman berurutan, Kontrol Aliran Data (Flow Control), Kontrol Kesalahan (Error Control), Pengalamatan, dan MultiplexingKomponen KOMUNIKASI DATA yaitu :
  1. Sumber (Source)
  2. Pemancar (Transmiter)
  3. Sistem Tranmisi (Transmission System)
  4. Penerima (Receiver)
  5.  Tujuan (Purpose)
Setelah teman-teman tahu perihal KOMUNIKASI DATA disini mimin juga tunjukkan bentuk dari komunikasi data. Dibagi menjadi 2 bentuk yaitu : Off-Line dan On-Line. Keduanya memiliki makna tersendii, KOMUNIKASI DATA Off-Line adalah pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari suatu tempat ke pusat pengolahan data, tetapi data tidak akan langsung diproses langsung oleh CPU. Data akan dibaca dahulu oleh terminal, sebelum dikirmkan ke penerima. KOMUNIKASI DATA On-Line adalah data akan langsung dikirmkan ke penerima, System On-lie ini bentuknya berupa Realtime System, Batch Processing System, Time Sharing System, Distributed Data Processing System. KOMUNIKASI DATA juga tebagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  1. Simplex
    Data disalurkan hanya ke satu arah, pengirim dan penerima tugasnya tetap, dan metode ini sudah jarang digunakan pada sistem komunikasi data. Contohya (Radio).
  2. Half Duplex
    Data dikirim ke dua arah secara bergantian, contohnya WT (Walkie Talkie)
  3. Full Duplex
    Data dapat dikirim atau diterima secara bersamaan dari dua arah. Contohnya Telfon
Selanjutnya adalah JARINGAN KOMPUTER / JARINGAN KOMUNIKASI DATA yaitu sekumpulan perlatan komputer yang tehubung menjadi satu jaringan dan dapat berkomunikasi. JARINGAN KOMPUTER dapat dikalsifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu LAN (Local Area Network) jaringan ini hanya mencangkup wilayah kecil seperti sekolah, kantor, gedung, dan sebagainya. MAN ( Metropolitan Area Network) jaringan ini hanya mencangkup area kota seperti perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Sedangkan WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mencankup area besar seperti wilayah, pula, bahkan sampai benua. WAN sendiri dapat dikatan sebagai internet untuk saat ini, dikarenakan cangkupan yang sangat luas.

Dari penjelasan diatas taman-teman ketahui bahwasan-nya KOMDAT dan JARKOM adalah suatu hal yang berbeda namun keduanya memiliki keterhubungan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki peran masing-masing dibidang-nya, oleh sebab itu ketika teman-teman berbicara tentang JARINGAN KOMPUTER maka secara tidak langsung akan ada KOMUNIKASI DATA didalam-nya begitu juga sebalik-nya.

Mungkin itu yang dapat mimin sampaikan dari postingan kali ini semoga teman-teman faham dengan apa yang mimin sampaikan. Jika masih bingung bisa langsung koment dibawah ini, pesan mimin untuk sahabat-sahabat tkj jadilah pembaca yang baik dan tetap berbagi ilmu. Sampai bertemu  dipostingan berikutnya, Bye :)

0 komentar:

Posting Komentar